Saturday, October 8, 2016

Pesan Umar untuk Para Pekerja

"Wahai pekerja, jangan habiskan upahmu, sebagian belikan kambing dan ladang"

itulah secuil pesan Umar bin Khattab, yang jika kita tarik ke zaman sekarang, kambing itu bisa berupa bisnis atau investasi, dan ladang itu bisa berupa properti, seperti tanah kavling, dan sejenisnya. itulah strategi yang dilakukan Amirul mukminin kala itu, terlihat jelas bagaimana dalam periode beberapa tahun saja, kejayaan pemerintahannya meluas begitu pesat dibawah kemimpinannya.
Perlu di ketahui, bahwasanya uang mengalami inflasi setiap tahunnya, itulah kenapa investasi itu penting, jika setiap bulan kita biasa menerima gaji 2 juta, ditahun berikutnya sebenarnya kita hanya menerima 1,7 - 1,8 juta, itu pasti, terbukti dengan harga yang terus naik, maka nominal uang pun semakin tinggi angkanya, maka jika ingin menabung untuk haji, umroh ataupun yang lainnya, cara yang tepat adalah dengan investasi, contoh simplenya dengan emas, karna emas cenderung naik harganya, jika kita menabung dengan uang, maka ia cenderung menurun nilainya, misal haji tahun ini di kisaran 30 juta, maka ditahun tahun berikutnya bisa jadi lebih mahal lagi, bisa 35 juta bahkan lebih, itu hanya satu tahun saja lho, coba bayangkan jika menabungnya sampai puluhan tahun, sudah jadi berapa harganya, berbeda dengan emas, nilainya stabil bahkan cenderung naik.
Salah satu washilah kekayaan adalah dengan belajar, jangan pernah untuk menjadi "everything", karna hal itu hanya akan menjadi "nothing", cukup "onething" atau "twothing" sesuatu yang sudah menjadi passionmu, kesukaanmu, maka dalami terus itu, ulang, ulang dan ulang, dengan itu pengalamanmu, pembelajaranmu menjadi sempurna.
Jika ingin berbisnis, pastikan bisnismu itu bermanfaat, jangan memilih bisnis yang bermaksiat, bikin diskotik, prostitusi, atau yang lainnya, gak ada berkahnya.
Jika melihat sesuatu dari siapapun, yang melihatkan kesuksesannya, keberhasilannya, jangan anggap itu sebuah kepameran atau kesombongan, yang membuat dirimu merasa terintimidasi, tapi jadikanlah itu semua sebagai motivasi, turut senanglah dengan keberhasilan mereka, dengan demikian, itu akan menjadi do'a untuk keberhasilanmu berikutnya.
Rezeki yang hadir tanpa diduga itu ada polanya, biasanya ia muncul ketika diri dalam kondisi goodmood, jarang sekali rezeki yang tak diduga itu hadir ketika sedang badmood, maka jika dalam kondisi badmood, stop menulis, mengeluh, apalagi di share di sosmed, justru itu akan menjadi do'a, apalagi ditambah comment comment dari teman temanmu, berlipat lagi do'anya..
Yang terakhir, jadilah contoh bagi orang lain, contoh yang memberikan motivasi, inspirasi, dan yang terpenting, tetap jaga niatnya.
sebenarnya masih banyak lagi ilmu hari ini dari pak Ippho Santosa, tapi sekian dulu, semoga bermanfaat..
8 Oktober 2016
Harris Riverview Kuta Bali
Foto : Ippho Santosa, Oman Rohman HariyadiLindia Palupi (CEO Laju Bali)dan para peserta seminar Percepatan Rezeki

0 comments:

Post a Comment