Tuesday, April 21, 2015

Ketika Ayah calon istrimu menanyakan ini padamu..

Sudah menjadi kewajiban seorang ayah untuk melepaskan putrinya dalam pernikahan, dan tentu seorang ayah ingin yang terbaik bagi putrinya, dalam memilih calon suami yg kelak akan menggantikannya memikul tanggung jawab yg besar terhadap putrinya.
jika yang ayah tanyakan adalah siapa dia,apa pekerjaannya, berapa penghasilannya..itu sudah lumrah, dan memang itu adalah hal utama dalam mengukur kemampuan dalam materi,
Namun jika yg di tanyakan pertama kali begini akan jadi terasa wow dan cukup berbobot untuk sebuah pertanyaan yg dilontarkan seorang ayah dalam menyeleksi calon menantunya..
," Gimana nduk? Apakah dia bisa tahlilan?"
wowwwww.... itu pertanyaan terhebat yg pernah didengar dari seorang calon mertua..
mungkin bagi sebagian orang terasa asing atau aneh.. tapi justru pertanyaan ini sangat amatlah penting bagi kehidupan dunia akhirat.
meski singkat padat dan jelas, setidaknya ada 4 maksud dalam satu pertanyaan tersebut,

1. Bisa tahlilan gak? dari pertanyaan itu terlihat jelas, bagaimana seorang ayah memastikan, bagaimana kualitas Tauhid si calon ini, bagaimana ia menjalankan kalimat Lailaha illalllah dalam kehidupannya..
2. bisa tahlilan ga? dari pertanyaan itu jg bermakna bahwa sang ayah itu ingin, mengetahui bagaimana kesehariannya sang anak ini, apakah ia sering mendoakan orang tua, yg lebih dulu meninggalkannya..
3. bisa tahlilan gak? dari sudut lain sang ayah juga ingin mengetahui, bagaimana kualitas membaca dan menghafal Al qur'annya dari anak tersebut, krna dalam komposisi Tahlilan itu sendiri terdapat banyak sekali bacaan Alqur'an dan Do'a doa..
4. bisa tahlilan gak? dari sudut yg terakhir ini pun seorang ayah juga tak main main mempertimbangkan latar belakang organisasi ataupun aliran pemahaman islamnya anak tadi, karna nikah bukan tentang aku dan kamu, tapi bagaikan menyatukan dua bilah negeri, yg jika perbedaan pemahaman saja akan sangat berbenturan dan tak sedikit pula berakhir dg ketidak cocokan..
itulah segelumit penjabaran dari satu kalimat pertanyaan yg amat sangat berat bobotnya.. yg jika didalami lagi,, sangatlah tidak mudah mendapatkan laki laki seperti itu..
Ya Allah Ya Rabb.. Jadikanlah lelaki itu pantas untuk wanita yg pantas..
jadikanlah lelaki itu pantas untuk keluarga yg pantas..
Aamiin..

0 comments:

Post a Comment