Monday, January 11, 2016

APA YANG KAMU TINGGALKAN UNTUK ANAK-ANAKMU ?

Pada saat hari pembaiatan kholifah Al Manshur Rohimahulloh, masuklah “Muqotil bin Sulaiman”
rohimahulloh.

Kemudian sang kholifah pun berkata kepadanya: “Berilah saya nasehat wahai Muqotil..”

Beliaupun menjawab: “Saya beri nasehat dg yg pernah saya lihat ataukah yg saya dengar..?!

Kholifah: “dg yg engkau lihat..”

Muqotil: “Wahai amirul mukminin..!! Umar bin Abdul aziz (kholifah yg terdahulu) memiliki 11 orang anak. Beliau meninggalkan warisan hanya 18 dinar. 5 dinar utk membeli kafan dan 4 dinar utk membeli pekuburan beliau, sisanya 9 dinar dibagikan kepada 11 anaknya. Dan Hisyam bin abdul malik (kholifah setelahnya) punya 11 orang anak juga, dan jatah warisan tiap anaknya 1 juta dinar.

Demi Alloh wahai amirul mukminin..

Sungguh saya tlah menyaksikan dg mata kepala saya sendiri disuatu hari salah seorang anak umar bin Abdul Aziz bersedekah 100 kuda perang utk jihad fii sabilillah, dan salah seorang anak hisyam bin abdul malik, sedang mengemis didalam pasar..

Beliau melanjutkan nasehatnya,

“Orang2 pernah bertanya kepada umar bin abdul aziz (sebelum wafatnya), “apa yg kamu tinggalkan utk anak2mu?!” (Karena umar terkenal dg sedekahnya yg luar biasa)

Maka beliau (umar bin abdul aziz) pun menjawab: “Saya meninggalkan utk mereka ketakwaan kpd Alloh, Jika mereka adalah orang2 yg sholeh, maka sesungguhnya Alloh adalah wali (pelindung) bagi orang2 yg sholeh. Jika mereka bukan orang yg sholeh, maka tidak akan saya tinggalkan sedikitpun yg membantu mereka bermaksiat kpd Alloh..”

Renungkanlah..!!
Berapa byk orang yg sibuk, bekerja keras, bersusah payah didunia ini hanya demi menjamin kehidupan anaknya dimasa depan..

Mereka mengira, dg uang atau harta yg ada setelah kematiannya adalah jaminan kehidupan bagi anak keturunannya. Namun mereka lupa akan jaminan yg agung & hakiki yg tlah di janjikan Sang Maha Pencipta di dlm Kitab-NYA (Al Qur'anul Karim).

0 comments:

Post a Comment