Wednesday, January 13, 2016

Teka Teki Silang Islami (TTS ISLAMI) #3

PERTANYAAN MENDATAR:

1.       Salah satu Madzab fiqih yang dianut kurang lebih dari 15 % umat muslim di dunia, kebanyakan di afrika utara dan afrika barat, Madzab ini didirikan oleh guru dari Imam Syafi’I yang juga menjadi Imam Madzab, beliau adalah pengarang kitab Al Muwattho’ lahir di Madinah pada tahun 712 M dan wafat tahun 796 M.

5.       Surah ini diturunkan di Madinah dan seluruhnya terdiri dari 286 ayat. Nama  surah ini sendiri diambil dari cerita yang terdapat dalam surat tersebut tentang sapi betina pada masa Nabi Musa. Surah ini merupakan surah yang terpanjang di antara berbagai surat dalam Alquran. Di samping itu, Surah ini juga mengandung macam-macam hukum yang tidak terdapat di dalam surat yang lain. Karena itulah, Khalid bin Ma’adan menamakannya dengan Fusthath al-Quran (Tenda Besar Al-Qur’an). Di dalam riwayat lain, surat ini juga disebut dengan nama Sanam al-Qur’an (Punuknya Al-Qur’an). Surah ini juga memiliki beberapa keutamaan. Dalam salah satu hadis, Nabi SAW bersabda, “Janganlah kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sungguh, setan akan lari dari suatu rumah yang di dalamnya dibaca Surah Al-…..” Di samping itu, di dalam surah ini, juga terdapat ayat al-Kursi yang memiliki banyak keutamaan. Tentang ayat al-Kursi ini, Nabi Muhammad bersabda dalam salah satu hadisnya, “Pemimpin ayat Al-Qur’an adalah ayat Kursi.” Selain ayat Kursi, kedua ayat terakhir di dalam al-Baqarah juga memiliki banyak keutamaan. Dalam hal ini, Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir dari Surah al-….. di dalam hari, maka kedua ayat itu akan mencukupkan dirinya.”

8.  Surah ini adalah surah ke-3 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 200 ayat dan termasuk surah Madaniyah. Dinamakan surah (…..)  karena memuat kisah sebuah keluarga yang di dalam kisah itu disebutkan kelahiran Nabi Isa, persamaan kejadiannya dengan Nabi Adam, kenabian dan beberapa mukjizatnya, serta disebut pula kelahiran Maryam , ibu Nabi Isa. Surah Al-Baqarah dan surah ini dinamakan Az-Zahrawan (Dua Yang Cemerlang), karena kedua surah ini menyingkapkan hal-hal yang menurut apa yang disampaikan Al-Qur'an disembunyikan oleh para Ahli Kitab, seperti kejadian dan kelahiran Nabi Isa kedatangan Nabi Muhammad dan sebagainya. Pada ayat 7 terdapat "Pedoman Memahami Al-Kitab (Kitab Allah)."

10.  Salah satu dari Sifat Allah dalam Asmaul Husna yang berarti Memimpin dan Memberi Pertunjuk.

12. bagian dari bangunan masjid atau mushalla yang biasanya digunakan sebagai tempat imam memimpin salat berjamaah.

13.  Surah ke 6 dalam Al Qur’an, yang berarti binatang ternak, Surah Makkiyah terbesar yang turun secara bersamaan kecuali beberapa ayat saja, Ibnu Abbas mengatakan bahwa Surah ini turun pada malam hari yang di bawa oleh Jibril dan 70 ribu malaikat yang mengiringinya, itu sebagai tanda betapa penting dan mulianya surah ini.

14. Panggilan ayah

16. Semangat, Rajin dalam melakukan aktifitas.

17.  Rasululluh sangat jago dalam olahraga yang satu ini, bahkan Beliau pernah mengalahkan seseorang yang berbadan gagah dan kekar.

19. Surat ini terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah, diturunkan sesudah surat Ath Thalaq. Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik, dia berkata: “Rasulullah saw. Bersabda kepada Ubay bin Ka’ab: “Sesungguhnya Allah menyuruhku untuk membacakan kepadamu, “lam yakunilladziina kafaruu min aHlil kitaabi”. Ubay bertanya: ‘Dia menyebut namaku kepdamu?’ Beliau menjawab: ‘Ya.’ Maka Ubay pun menangis.” Diriwayatkan oleh al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi dan an-Nasa-i.

23.  Salah satu sumber hukum agama islam, yang mengacu kepada sikap, tindakan, ucapan dan cara Rasulullah menjalani hidupnya atau garis-garis perjuangan (tradisi) yang dilaksanakan oleh Rasulullah.

25. sungguh dan bersih hati (benar-benar keluar dari hati yang suci); jujur; tidak pura-pura.

26. Keadaan seseorang yang telah beniat untuk melaksanakan ibadah haji dan atau umrah. Mereka yang melakukan ini disebut dengan istilah tunggal "muhrim" dan jamak "muhrimun". Calon jamaah haji dan umrah harus melaksanakannya sebelum di miqat dan diakhiri dengan tahallul.

27. Begitu Pentingnya ini, sampai Allah pun berfirman yang Artinya:  “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (Al-Baqarah: 233). 

28. Nama dari apa saja yang dituliskan di atasnya kalamullah (Al-Quran) yang berada pada dua sampulnya.

PERTANYAAN MENURUN:

1.       Majelis Ulama Indonesia

2.       Janji yang sungguh-sungguh, pengakuan terhadapa apa yang di dakwakan.

3.       Ia adalah seorang muslim Penjelajah Dunia , lahir pada 24 Februari 1304 M (723 H) di Tangier Maroko. dikenal karena petualangannya mengelilingi dunia. Hampir 120.000 kilometer telah ditempuhnya selama rentang waktu 1325-1354 M atau tiga kali lebih panjang dari jarak yang telah ditempuh oleh Marco Polo. Seluruh catatan perjalanan dan pengalamannya selama pengembaraan ditulis ulang oleh Ibnu Jauzi seorang penyair dan penulis buku kesultanan Maroko.

4.       Salah satu nama hari dalam islam, yang artinya satu.

6.    Arah sholat kaum muslim seluruh dunia.

7.  Salah satu sifat Allah Swt dalam Asmaul Husna yang berarti Yang maha Pengasih

8.  Al Qur’an Surah ke 33, Terdiri atas 73 ayat, surah ini termasuk golongan surah-surah Madaniyah, diturunkan sesudah surah Ali Imran. Dinamai surat (……) karena yang berarti golongan-golongan yang bersekutu, karena dalam surah ini terdapat beberapa ayat, yaitu ayat 9 sampai dengan ayat 27 yang berhubungan dengan peperangan, yaitu peperangan yang dilancarkan oleh orang-orang Yahudi yang bersekutu dengan kaum munafik serta orang-orang musyrik terhadap orang-orang mukmin di Madinah.

9. Salah satu organisasi Radikal yang berada di Irak dan Suriah, yang mengklaim golongannya adalah penegak khilafah islam. Padahal sangat jauh dari nilai nilai islam itu sendiri. Organisasi inipun di cap sebagai organisasi teroris dunia yang mengatasnamakan islam.

11. seseorang yang memimpin sholat berjamaah.

15. pengajaran, sesuatu yg dapat kita kutip sepanjang selusur kehidupan kita ini.

16.Hukum bacaan Nun dan mim bertasjid.

18. suatu sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengkategorikan manusia dalam populasi atau kelompok besar dan berbeda melalui ciri fenotipe, asal usul geografis, tampang jasmani dan kesukuan yang terwarisi. Biasanya berkaitan dengan kata “suku”

20. Surat ini terdiri atas 20 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Qaaf. Nama surah ini diambil dari ayat pertama surat ini. Yang artinya ialah negeri.

21. seseorang yang tidak memiliki ayah, Menjadi tanggungan seorang muslim untuk mengurusnya, bahkan dianggap sebagai pendusta agama jika tidak peduli padanya.

22. Salah satu makhluk Allah yang durhaka, yang telah di vonis sesat oleh Allah ketika ia berlaku sombong, merasa lebih baik dari Adam As.

24. harapan, semangat. 

0 comments:

Post a Comment