Friday, January 19, 2018

Sebaik-Baik Cita-cita

Foto Awy Imam.Sebaik cita cita
Awy, apa cita cita kamu?
Pertanyaan yang benar benar sangat sulit untuk dijawab dikala itu, saat masa masa masih di madrasah ibtidaiyyah,
Selain bingung tentang hal apa yang aku ingin menjadi, juga masih bertanya tanya, sebenarnya cita cita itu apa?
Ya benar, cita cita adalah ingin menjadi apa kamu nanti, jadi seperti apa? Ingin jadi seperti apa kehidupanmu saat dewasa nanti, yang sesuai passion dan kesukaan kamu?
Kadang kala aku ingin jadi pelukis, karna aku sangat suka sekali menggambar dikala itu, tetapi kadang kala aku ingin jadi pemain sepak bola, karna setiap disekolah sering main sepak bola, ya intinya aku ingin menjadi apa yang aku sukai, sampai akhirnya aku menemukan jawaban yang pas tentang pertanyaan itu, hasil dari nyontek buku kakakku yang bertuliskan
"Cita cita : Berguna bagi agama, nusa, bangsa, dan negara"
Entah apa maksud dari cita cita itu, karna masih mengambang gak jelas, kurang spesifik, di awang awang, kamu mau jadi apa sebenarnya?
Tapi ya itu, karna keplin plannya pikiranku waktu itu, ya ku tulis saja demikian,
Pas banget untuk menggambarkan ketidaktahuanku tentang rencana masa depanku sendiri.
Sampai disini baru aku sadar, ternyata cita cita seperti itu sungguh sangat tepat, ketika para pengejar cita cita tak kuasa untuk sampai, maka apa yang harus dibuat? Bercita cita jadi pilot, ternyata hanya sampai jadi sopir angkot, bercita cita jadi polisi, apalah daya hanya sampai jadi kuli,
Perjalanan hidup memang tak semulus cewek iklan di tivi, yang dalam waktu sekejap sudah kinclong sendiri, kadang kala butiran butiran batu koral menyandung dan penuh duri.
Untuk para pengejar cita cita yang belum sampai, ubahlah cita citamu mulai dari sekarang, "Berguna bagi agama, nusa dan bangsa"
Saat jadi sopir atau kuli, siangnya bekerja, malamnya mengaji, ngumpul bikin organisasi, organisasi pecinta Masjid misalnya, dengan temen temen seprofesi yang lain, insyaAllah berkah hidup loe, itu dalam kontek berguna bagi agama ya, lalu yang berguna bagi nusa dan bangsa apa?
Ya bikin aja komunitas, misal, komunitas kuli peduli bencana, peduli gempa, peduli banjir, atau apalah, yang intinya apapun profesi kamu saat itu, kamu sudah menjadi berguna bagi agama, nusa dan bangsa, dan tercapailah cita citamu..
Jadi apa lagi? Saat anak anakmu nanti bertanya, cita cita ayah apa? Dengan pedenya kamu jawab, "Berguna bagi agama, nusa dan bangsa, dan lihatlah nak, ayah sudah meraihnya.."
Sudah..

0 comments:

Post a Comment