Thursday, April 21, 2016

Hanya Ingin Semua Muslim Masuk Surga

Ehem ehem... dahem sebentar, sebelum membahas masalah perbedaan yang gak pernah ada ujungnya.
Seiring dengan kebosanan saya meladeni pergelutan keyakinan dalam hati, antara anggapan yang mana salah dan yang mana benar.
Juga atas ke ENEG an hati ini, yang beberapa waktu yang lalu harus melihat BATMAN dan SUPERMAN bertarung, Kapten Amerika dan IRON MAN saling tonjok tonjokan, hingga Si Joker DKKnya leluasa mengobrak abrik kota dalam SUICIDE SQUADnya.
(halah ini kok malah ngomongin film..)
Oke, langsung saja, jujur, setiap kali saya bertanya tentang permasalahan Aqidah Ushul, kepada Ustad Ustad, Kyai Kyai, maka akan saya dapati banyak sekali diantara mereka yang hanya dapat menjelaskan satu sisi Aqidah yang mereka yakini, yang justru membuat saya jadi semakin bertanya tanya, Apakah orang islam itu gak bisa masuk surga semuanya?
Oke, jadi gini, Masalah perbedaan menjadi sangat pelik jika di debatkan, ada yang Tahlilan di Bid'ahkan, ada yang yasinan di sesatkan, ada yang ziarah ke kuburan di musyrikkan, dan banyak lagi yang lain yang akhirnya berujung kepada pengkafiran, la kalau gitu jadinya siapa yang berhak masuk surga?
Sebenarnya itu semua hanya masalah furu', ada yang lebih mainstream lagi bedanya, yaitu Ushul, dimana ide awalnya ya hanya karna ingin Men SUCI kan Allah, tapi justru disitulah awal mulanya pemusryikan dan pengkafiran.
Dalam Aqidah Asyariah berkeyakinan bahwa Allah itu ada tanpa adanya tempat dan arah, atas dasar Allah tidak serupa dengan suatu apapun, karna tempat dan arah adalah makhluk, dan Allah tidak membutuhkan itu untuk ke Esa annya. dan inilah yang diyakini kebanyakan dari temen temen Aswaja.
Sedangkan dalam Aqidah Wahabiyah, mereka berkeyakinan bahwa Allah itu Maha Suci yang bertempat di 'Arsy, atas dasar ayat dalam surat Thoha ayat lima Arrahman 'Alal 'Arsys Tawa (Ar Rahman bersemayam diatas 'Arsy)
dari sinilah kedua pemahaman itu saling bertolak belakang, Kaum wahabiyah menganggap asyairah itu kaum pentakwil, apa saja ditakwil, sampai urusan aqidah, sedangkan Kaum Asyairah menganggap kaum wahabiyah itu kaum tajsim, yang menyamakan Allah dengan Makhluk.
Terus terus terus tak berujung, hingga masalah furu' perbedaan pandangan itu masih terus berlanjut, munculnya berbagai macam organisasi islam adalah salah satu wujud adanya perbedaan itu.
Sebagai seekor manusia yang masih bodoh ini, saya gak mau ambil pusing, apa yang menjadi keyakinan masing masing ya itu yang dilakukan, surga itu diciptakan untuk orang yang percaya akan adanya Allah dan mengakui Rasulullah Muhammad S.a.w,
semua berhak mengklaim golongannya yang akan masuk surga, doakan saja, semua masuk surga kok, Aamiin..
Sebagai penutup, dalam kajiannya, saya pernah mendapati salah satu ustad (Ustad Salim A. FIllah) yang cukup menenangkan dengan tausyiahnya, bahwasanya dalam Aqidah itupun ada Furu'nya, ya tentang masalah diatas tadi itu, meskipun berbeda, keduanya sama sama ingin mensucikan Allah, tak perlulah mendebat sampai harus menjadi pecah belah..
Inget kenapa diawal tadi saya menyinggung Superman Batman dan kawan kawannya, jika dituruti sesama muslim akan jadi seperti mereka, saling serang, dan akhirnya musuh musuhnya yang berjaya, yang dalam hal ini diwakili oleh si Suicide Squad, atau kumpulan penjahat superhero yang bersatu berbuat kedzaliman..

Ya Razak,
Terlalu lemah kami sebagai hamba,
hingga kami tak dapat menentukan hajat kami sendiri,
apakah itu baik bagi kami,ataukah itu buruk bagi kami,
maka ketika hajat kami ini baik,
kabulkanlah,
dan jika hajat kami ini buruk,gantikanlah dg yg lebih baik bagi kami..
Aamiin..
Cukup sekian, kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat..
Wassalamu'alaikum..
21 April 2016
Masjid Agung Ibnu Batutah
Nusa Dua, Bali

0 comments:

Post a Comment