Wednesday, December 17, 2014

Cahaya itu untuk siapa?

Ketika saya bertanya tentang sebuah lampu, sebenarnya cahaya lampu itu untuk menerangi siapa? Tentu jawaban yang umum adalah bahwa cahaya lampu itu ya untuk menerangi ruang yang gelap, agar seorang yang didekatnya bisa melihat.
Itu benar, tapi ada yang lebih benar lagi, sebenarnya lampu itu bercahaya untuk menerangi dirinya sendiri, yang dengan cahaya itu materi disekitarnya turut merasakan manfaatnya, ruang yang gelap menjadi terang, dan semuanya jadi jelas terlihat.

Ya, begitupun dengan kita, untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain, menjadi inspirasi bagi orang lain, menjadi motivasi bagi orang lain yang mengenal kita, menjadi seorang yang berpengaruh besar bagi manusia, itu semua harus dimulai dari sikap diri sendiri, ketika kita bisa menyalakan sinar dalam diri kita, sinar kebaikan, kejujuran, kelembutan, kasih sayang dan yang lainnya, tentu orang disekitar kita akan turut merasakan kemanfaatan dari diri kita, yang sebenarnya itu semua bertujuan untuk kebaikan diri kita sendiri.

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

 (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni.)

0 comments:

Post a Comment