Thursday, December 18, 2014

Petani yang Ridha

Alkisah, Seorang petani memiliki kuda yang sangat bagus, seorang hartawan sangat ingin membeli kuda itu. Harganya tak tanggung-tanggung, 50 juta. akan tetapi, sang petani dengan sopan menolak karena diapun juga sangat menyukai kuda tersebut.
banyak orang menyesali sang petani yang tak menukar kudanya dengan uang sebesar itu, tak dinyana, tak diduga, suatu hari hilanglah kuda si petani, maka orangpun mulai menyalahkannya. "mau dibeli segitu mahal kok gak bol
eh, sekarang kudapun raib" rugi besar dia. mendengar itu sang petani berkata, "Yang aku tahu
kudaku hilang, tetapi aku tak tahu apakah aku menjadi rugi karenanya." dia memilih bersabar.

Kenyatannya, beberapa hari kemudian kuda itu kembali, sambil membawa bersamanya puluhan kuda liar yang bagus - bagus, sang petani bersyukur. namun sekali lagi cobaan menimpanya. karena suatu hal kuda tersebut mengamuk dan menendang kaki anaknya yang belia, sehingga kaki sang anak cacat. Sekali lagi orang-orang menyalahkan si petani. "Coba saja kuda itu dijual, kau akan dapat uang banyak, dan anakmu tak akan cacat." lagi lagi sipetani menjawab, "Ya, anakku memang cacat, tetapi aku tak tahu apakah itu merugikanku atau tidak." sekali lagi si petani memilih bersabar.

Tak lama setelah itu, datanglah serombongan tentara suruhan raja untuk merekrut anak-anak muda menjadi tentara  yang akan dikirim ke medan perang melawan musuh. anak sipetani tak jadi direkrut karena kakinya cacat. terbukti belakangan, banyak anak muda yang dikirim ke medan perang menjadi korban jiwa. maka sekali lagi, sipetanipun bersyukur.

0 comments:

Post a Comment